Penjumlahan dan Pengurangan Vektor Secara Grafis

Besaran Vektor adalah besaran yang ditentukan arah dan nilainya.
Contoh : Gaya, Kecepatan, percepatan.

Besaran Skalar adalah Besaran yang hanya ditentukan nilainya saja.
Contoh : Waktu, Panjang, Suhu.

Vektor biasanya dinotasikan sebagai berikut:


Penulisan vektor dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya a (tebal dan miring) atau
 (diberi garis atas).

A.      Penjumlahan dan Pengurangan Vektor Secara Grafis
1.       Cara jajaran genjang
Dalam menjumlahkan vektor secara jajar genjang, dapat dilakukan dengan cara menyatukan kedua ekor dari masing-masing vektor.
Penjumlahan

Vektor R disebut resultan dari A dan B, yang merupakan diagonal dari jajaran genjang dengan sisi A dan B.

Resultan Vektornya ditulis :


Sedangkan besarnya (panjangnya) resultan vektor ditulis :


Pengurangan


Vektor R disebut resultan dari A dan (-B), yang merupakan diagonal dari jajaran genjang dengan sisi A dan (-B).

Resultan Vektornya ditulis :


Sedangkan besarnya (panjangnya) resultan vektor ditulis :


2.       Cara segi banyak (Poligon)
Dalam menjumlahkan vektor secara jajar genjang, dapat dilakukan dengan cara menyatukan ekor vektor pertama dengan kepala vektor kedua dari masing-masing vektor.


Penjumlahan

Vektor R disebut resultan dari A dan B.

Resultan Vektornya ditulis :

 

Sedangkan besarnya (panjangnya) resultan vektor ditulis :

Pengurangan

Vektor R disebut resultan dari A dan B.

Resultan Vektornya ditulis :


Sedangkan besarnya (panjangnya) resultan vektor ditulis :

0 Response to "Penjumlahan dan Pengurangan Vektor Secara Grafis"

Posting Komentar